DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

Tes baca al-Quran PNS Pemkot; Dan Walikota pun ikut mengaji

Posted by pksbeji pada Oktober 26, 2008

BALAIKOTA, MONDE: Sekitar 90 orang Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) eselon II dan III Kota Depok mengikuti tes membaca al-Quran yang digelar di aula lantai 5 Balaikota, kemarin.

Mereka terdiri dari para Kepala Dinas, Kepala Bagian, Kepala kantor, Camat, serta Lurah. Tak hanya SKPD, Walikota Nur Mahmudi Ismail bahkan ikut ngaji. Dalam sambutannya Walikota mengatakan tes membaca al-Quran itu bertujuan memberi contoh kepada masyarakat tentang pentingnya kemampuan membaca al-Quran.

“Salah satu landasan negara kita adalah Ketuhanan Yang Maha Esa yang mengajarkan kita menjadi umat beragama yang baik. Dengan tes ini kita harapkan warga Depok juga terus termotivasi untuk mendalami al-Quran,” katanya.

Nur Mahmudi mengatakan, wilayah Depok yang dikelilingi oleh berbagai perguruan tinggi tingkat nasional membuat warga Depok tidak sepantasnya menderita buta huruf, baik latin maupun al-Quran.

“Dengan adanya tes ini, kami ingin memberi contoh kepada masyarakat bahwa para pejabat juga bisa membaca al-Quran dengan baik. Jadi tidak hanya masyarakt yang dituntut bisa membaca al-Quran. Masyarakat tidak hanya dijadikan objek,” katanya.

Tes baca al-Quran di kalangan PNS Depok kemarin merupakan tes tahap pertama yang digelar. Rencananya juga akan digelar tes baca al-Quran untuk PNS golongan III dan golongan IV di lingkungan Pemkot Depok. Dalam tes kemarin para SKPD diminta untuk membaca al-Quran dihadapan para ahli yang berasal dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Depok. Mereka berjumlah enam orang.

Dari wajah-wajah yang hadir kemarin, mereka nampak santai menunggu giliran untuk diuji kemampuan membaca al-Quran. Kepala Dinas Pendidikan, Eti Suryahati tampak serius berlatih membaca al-Quran bersama Kabag Kepegawaian, Diah Sadiah.

Dalam pantauan Monde, beberapa pejabat tidak terlihat hadir dalam tes kemarin. Mereka diantaranya Kadis PMKS Asep Roswanda, Kepala Dinas Kesehatan Mien Hartati, Camat Pancoran Mas Rd. Sudrajat, Camat Cimanggis Agus Gunanto, dan beberapa lurah.

Walikota Depok mengatakan mereka yang tidak hadir itu nantinya akan menjalani tes susulan. “Kebetulan mereka ada tugas lain. Makanya sekarang nggak bisa hadir. Tapi nanti pasti ikut kok,” kata Nur Mahmudi.

Dia juga mengatakan tidak ada istilah lulus atau tidak lulus dalam tes tersebut. “Kami hanya ingin melihat kemampuan para pejabat dalam membaca al-Quran. Jika dianggap masih kurang, nanti akan dilakukan bimbingan supaya lebih lancar. Ini juga tidak ada hubungannya dengan promosi jabatan atau mutasi,” jelas Walikota.

Nur Mahmudi juga membantah jika tes membaca al-Quran di lingkungan Pemkot Depok itu ada hubungannya dengan partai tertentu. “Sama sekali tidak ada kaitannya dengan partai. Ini sudah menjadi program Pemkot sejak tahun lalu, terkait dengan peningkatan PPK IPM Kota Depok,” katanya.

Sebagai tes simbolis, Walikota langsung menguji kemampuan membaca al-Quran dua pejabat, yakni Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH), Walim Herwandi, serta Kepala Bapeda Hamid Wijaya. Kendati disaksikan banyak mata dan pantauan pemburu berita, kedua pejabat itu mampu membaca al-Quran dengan lancar dan baik. Walikota bahkan memuji kemampuan Walim dalam membaca al-Quran.

Setelah itu Sekda Winwin Winantika juga diberi kesempatan membaca satu ayat suci al-Quran. Entah karena grogi disaksikan banyak orang, Winwin terlihat agak canggung. “Jangan difoto dong. Saya jadi nggak konsentrasi,” ujar Winwin sambil bercanda.

Tak mau kalah dengan ketiga pejabatnya itu, Nur Mahmudi juga ikut ngaji dan membaca potongan ayat suci al-Quran dihadapan semua yang hadir.

“Semoga dengan kegiatan ini gaung program pemberantasan buta aksara al-Quran semakin terdengar di seluruh Kota Depok,” kata Walikota.(van)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: