DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

Terkait fitnah Kasno terhadap Tim Seleksi, Polisi mulai BAP-kan aduan Andrinof

Posted by pksbeji pada September 24, 2008

POLRES DEPOK, MONDE: Kasus pencemaran nama baik sebagai buntut dari kisruh tim seleksi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Depok memasuki babak baru. Polemik ini melibatkan akademisi Andrinof A. Chaniago dengan mantan anggota Satpol PP terpecat yang kini memimpin LSM Gelombang, Kasno.

Kemarin, kepolisian Resort Depok memeriksa Andrinof selaku saksi pelapor. Akademisi asal Universitas Indonesia (UI) itu diperiksa selama hampir dua jam oleh Bripka Saiful Bahri di ruang Jatanras Polres Depok. Mulai pukul 12.00 hingga 13.45.

Dalam kesempatan itu Andrinof membeberkan keterangan seputar pernyataan-pernyataan Kasno selaku Ketua Gerakan Lokomotif Pembangunan (Gelombang) yang dianggapnya tidak benar.

“Saya ditanya sekitar 16 pertanyaan, seputar kejadian dan bukti-bukti. Karena pasal yang saya laporkan 310 KUHP junto pasal 311 KUHP tentang fitnah, jadi saya utarakan semua tuduhan Kasno terhadap diri saya,” katanya kepada Monde beberapa saat setelah diperiksa kepolisian.

Selain memberikan keterangan, Andrinof juga menyerahkan dua bukti hukum untuk memperkuat laporannya. Yakni, pemberitaan di Harian Monitor Depok (Monde) dan selembar kertas yang diantarkan oleh orang suruhan Kasno ke kantor Monde.

“Kertas itu mengenai analisis LSM Gelombang yang menuliskan bahwa saya melakukan perselingkuhan politik dan bargaining politik dengan elit-elit partai politik. Semua itu-kan fitnah! Itu nggak benar! Hebat kalau dia bisa membuktikan itu semua. Karena saya memang tidak pernah melakukan apa yang ditudingkan si Kasno itu,” tandasnya.

“Kapan saya ada bargaining politik? Kapan saya melakukan perselingkuhan politik?” dengan tegas dan nada lantang Andrinof mempertanyakan itu.

Sekadar catatan, kasus ini dilaporkan oleh Andrinof ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Mapolres Depok pada hari Selasa, 9 september 2008 sekitar pukul 22.30. Laporan itu tercatat dengan No. Pol: STPLP/2987/IX/2008. Diterima oleh Iptu Supriyono.

Polemik itu bermula terpecahnya tim seleksi KPUD Depok yang melahirkan dua kubu. Kubu Andrinof dan kubu Hasan Basri.

Secara terpisah, Kasno menegaskan bahwa sebagai warga negara yang baik, dia harus taat hukum dan tidak gentar atau bahkan lari dari aturan hukum yang berlaku.

“Saya mencoba respek dan menghormati Andrinof. Silahkan saja dia buat laporan, itu memang hak dia,” kata Kasno.

Secara pribadi dia mengaku tidak keberatan dan tidak gentar menghadapi permasalahan yang sudah jelas duduk perkaranya. “Biarkan masyarakat yang menilai seperti apa sih kualitas dan kapasitas seorang Andrinof sebagai pengamat politik kelas nasional. Sebaliknya seperti apa saya di mata masyarakat Depok,” ujar Ketua Presidium LSM Gelombang itu. “Statement saya di media, adalah indikasi dari hasil analisa. Saya yakin hakikat dari indikasi itu sama-sama bisa dimengerti,” papar Kasno.

Keputusan sesat

Sementara seserta tim seleksi anggota KPUD Kota Depok yang tak lolos dalam seleksi, mengutuk keputusan KPUD tingkat Jawa Barat atas keputusan lembaga itu meloloskan nama Yoyo Efendi dan Udi bin Muslih menjadi anggota KPUD Depok yang dianggap sesat. Untuk menyikapi kondisi itu, sejumlah anggota seleksi calon KPUD Kota Depok, yang masuk 10 besar dan dinyatakan tidak lolos dalam pemilihan KPUD di tingkat Jabar akan menempuh jalur hukum.

Hal itu dituturkan oleh Wahyuddin Lihawa, yang juga merupakan salah satu peserta pada nomor urut-10 pada daftar rekapitulasi hasil assesment psikologi dan seleksi wawancara calon anggota KPU Kota Depok kepada Monde, kemarin.

“Ya, kami akan membawa indikasi adanya kecurangan dalam seleksi KPUD ini ke meja hukum,” kata Wahyuddin. Menurut Wahyuddin masuknya nama Yoyo Effendi, dan Udi bin Muslih yang merupakan usulan dari Hasan Basri dan Ahmad Juliana dengan alasan meredam konflik, merupakan akal-akalan saja. Padahal faktanya mereka telah menyimpang dari data yang ada. “Untuk menghadapi indikasi praktik kecurangan itu kami akan melawanya sesuai prosedur hukum,” tegasnya.(wen/mr/ina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: