DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

PKS Malu-malu Tapi Mau Koalisi dengan PDIP

Posted by pksbeji pada September 18, 2008

Jakarta – Ronald TanamasRonald Tanamas – detikNews – PKS akan berkoalisi dengan PDIP? Kabar mengejutkan ini diungkap oleh Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufiq Kiemas. Taufiq antusias menyambut rencana koalisi ini. PKS masih malu-malu menanggapinya. Meski demikian PKS memberi isyarat bersedia melakukan koalisi.

Isyarat ini disampaikan oleh Ketua Bappilu PKS Igo Ilham saat berbincang dengan detikcom melalui telepon, Rabu (17/9/2008).

Menurut Igo, saat ini belum ada keputusan final dari partainya untuk mengadakan koalisi dengan PDIP. Karena kalau menyatakan koalisi saat ini bisa menimbulkan data yang tidak valid pada Pemilu nanti. Namun Igo tidak mengelak kemungkinan PKS berkoalisi dengan partai manapun termasuk PDIP setelah tanggal 5 April 2009.

“Koalisi itu mungkin memang tetap terjadi karena variabelnya sangat banyak. Karena saat Pemilu kita akan berbicara dengan idealisme dan realita politik,” kata Igo.

Taufiq Kiemas dalam mengungkapkan wacana koalisi PDIP dengan PKS merujuk pada sebuah riset yang dilakukan PKS. Menurut Kiemas, hasil riset itu menyatakan menunjukan koalisi PKS-PDIP bisa mendatangkan pemilih dalam jumlah yang paling besar.

Apakah benar ada riset yang dilakukan oleh PKS? Kapan riset tersebut dilakukan PKS? Siapa partner ideal PKS untuk berkoalisi? Bagaimana persiapan PKS dalam menyiapkan kadernya di Pemilu nanti? dan Siapa kader PKS yang disiapkan untuk RI 1 dan RI 2 ? Berikut hasil wawancara Ronald Tanamas dari detikcom dengan Ketua Bappilu PKS Igo Ilham:

Apakah benar PKS melakukan riset yang hasilnya menunjukan koalisi PKS-PDIP bisa mendatangkan pemilih dalam jumlah yang paling besar?

Yang jelas belum ada keputusan pasti, karena PKS masih menunggu hasil Pemilu 2009. Koalisi sejak dini bisa menyebabkan data yang tidak valid dan mengganggu hasil Pemilu. Prinsip koalisi bisa saja dengan partai manapun. Kalau ekstremnya PKS menjadi urutan pertama dan terbesar capresnya pasti dari PKS, tapi jika tidak seperti itu maka PKS akan berada di urutan nomor 2. Yang jelas semangat untuk menyiapkan kader PKS untuk menjadi RI 1 dan dan RI 2 sudah siap dari dini.

Kapan riset itu dilakukan?

Belum ada riset untuk itu.

Siapa partner koalisi PKS yang paling berpeluang memenangkan Pemilu?

Siapa saja, PKS tidak pernah membatasi akan berkoalisi dengan siapa pun atau partai manapun. Sebagai sesama anak bangsa kita wajib bersama-sama membangun bangsa ini untuk lebih maju.

Saat ini Taufiq Kiemas menyatakan pihaknya kini sedang menjajaki berkoalisi dengan PKS. Apa sudah ada penjajakan itu?

Belum ada penjajakan tersebut sampai saat ini.

Apakah saat kedatangan Taufiq dalam acara PKS di hotel Sahid itu makanya timbul niat untuk berkoalisi?

Siapapun tokoh yang datang ke PKS bertujuan untuk berkomunikasi sebagai anak bangsa dan membicarakan kemajuan bangsa ini belum ada pembicaraan mengenai pemilu.

Apakah Pak Tifatul pernah menyatakan keinginan koalisi dengan PDIP lewat Taufiq, sebab Taufiq mengatakan “Berhubung saya sering berbicara (dengan PKS), mungkin Pak Tifatul melihat ngomong sama PDIP ini enak ya. Makanya pak Tifatul ingin berkoalisi dengan PDIP”?

Kalau mereka ingin menyampaikan sesuatu apapun boleh-boleh saja, mungkin saja itu terucap karena dia melihat suasana pembicaraan yang sangat akrab. Kita belum ada pembicaraan serius mengenai koalisi Pemilu 2009.

Kapan ajakan koalisi itu dibicarakan?

5 April 2009 baru bisa berbicara koalisi sekaligus bisa memetakan partai dan siapa yang diusung untuk capres dan cawapres.

Selama ini PKS dan PDIP memiliki image yang sangat berbeda, bahkan berseberangan. Terakhir ada polemik soal kepemimpinan muda. Bagaimana koalisi itu nantinya?

Koalisi itu mungkin memang tetap terjadi karena variabelnya sangat banyak. Karena saat Pemilu kita akan berbicara dengan idealisme dan realita politik. Kita tidak akan membicarakan perbedaan internal partai yang jelas harus ada perbaikan yang lebih bagus dari sekarang.

Siapa kader dari PKS yang diusung menjadi Capres nanti ?

Kemungkinan besar kader PKS yang disiapkan untuk kursi RI 1 adalah Hidayat Nur Wahid.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: