DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

PKS Tancap Kuku di Celebes

Posted by pksbeji pada Agustus 31, 2008

INILAH.COM, Makassar – 31/08/2008 07:02 – Suriani – Tekad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraih kursi sebanyak-sebanyak parlemen tampaknya sudah bulat. Dari Sulawesi saja PKS menargetkan 15 kursi. Strategi kampanyenya, door to door.

Bahkan PKS siap menjadikan Sulawesi Selatan sebagai basis partainya dengan target perolehan suara lebih banyak dibandingkan provinsi lainnya. Hal ini diungkapkan Sekjen PKS Anis Matta di Makassar, kemarin, saat rapat Koordinasi Pemenangan Calon Anggota DPR RI PKS, se Sulawesi.

Anis mengutip hasil survei di enam provinsi di Sulawesi, PKS berada di urutan kedua soal perolehan suara setelah Golkar. “Kami sangat optimis, ke depannya akan lebih banyak lagi,” tandasnya.

Dari pandangan PKS, untuk daerah di kawasan timur Indonesia, dari segi geososialnya, merupakan daerah yang pemilih rasionalnya paling tinggi. Karena, Sulsel menyumbang 10% populasi di Indonesia dan itu sangat bagus dalam rangka memenangkan pemilu.

Meski basis PKS di Sulawesi selama ini, tak sebesar di Sumatera Utara dan Sumatera Barat, Anis yang juga ketua Bapilu Pusat menggambarkan keseriusan PKS menjadikan Sulawesi sebagai basis dan lumbung suara pada pemilu 2009 mendatang.

“Kami serius dengan target di Sulsel ini. Penempatan sejumlah tokoh penting di PKS beradai di kawasan ini,” paparnya. Sejumlah tokoh PKS memang ditempatkan di wilayah ini seperti Tamzil Linrung dan Anis Matta, Andi Rahmat dan Cahyadi Takariawan.

Di Sulawesi, target PKS terbesar ada di Sulsel, yaitu 9 kursi, 2 kursi dari Sulawesi Tenggara, dan sisanya masing-masing 1 kursi di provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Utara (Sulut), dan Gorontalo.

Ketika ditanyakan, apa kiat-kiat yang akan dilakukan PKS di Sulsel, sebab sedari dulu Sulsel dikenal sebagai lumbung suara Golkar? Anis melihat bahwa pada pemilu 2004 PKS di Sulsel mengalami lompatan yang cukup signifikan dengan memperoleh 2 kursi di DPR RI.

“Selain itu, dari hasil survei di 6 provinsi di Sulawesi, PKS berada di urutan kedua soal perolehan suara setelah Golkar, kami sangat optimis, kedepannya akan lebih banyak lagi,” tandasnya.

Menghadapi Pemilu 2009 nanti PKS punya trik tersendiri untuk meraih simpati masyarakat. PKS akan akan mengkampanyekan program yang bermanfaat bagi masyarakat secara door to door.

“Kampanye politik harus mencerdaskan masyarakat dan bermanfaat secara langsung bagi mereka. Dalam kampanye kita akan mengedepankan ide-ide, konsep dan program kerja, serta pelayanan masyarakat yang bersifat langsung,” jelas.

PKS akan menghindari kampanye jor-joran ataupun mengeluarkan biaya yang banyak. Yang terpenting adalah melakukan kampanye yang berefek langsung pada masyarakat. Hal ini dilakukan agar kampanye PKS tidak sia-sia.

“Kampanye kita harus etis dan bermoral, tidak boleh membodohi rakyat dan tidak manipulatif. Kampanye kita harus bermanfaat secara langsung bagi masyarakat, mengutamaan pelayanan, menghindari konflik dan fitnah, serta aksi yang mubazir dan tidak bermanfaat,” tukas Anis.

Menurut Anis, selain akan mengkampanyekan ide-ide dan program-program yang bermanfaat untuk masyarakat. PKS juga akan mendorong koalisi dengan partai lain untuk membahas tentang Indonesia. Sepanjang partai itu, sejalan dengan ide-ide atau platform partainya, PKS akan mengajaknya duduk bersama.

“Sejauh ini kami belum melihat partai-partai yang flatformnya sama dengan PKS. Saat ini kami belum liat flatform partai lain, semuanya sulit kami baca. Sekarang ada pertemuan dengan PDIP dan Golkar tapi masih mencoba eksplore platform tentang Indonesia masa depan,” jelas Anis. [E1]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: