DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

Tifatul Sembiring: Suara Terbanyak Rawan Konflik

Posted by pksbeji pada Agustus 25, 2008

Jakarta, myRMnews – Laporan: Febrianto – Senin, 25 Agustus 2008, 10:16:23 WIB – Partai Keadilan Sejahtera mempermasalahkan partai-partai yang tak konsisten dalam pendaftaran calon anggota legislatif.

Menurut Presiden PKS Tifatul Sembiring, pada saat pembahasan undang-undang pemilu, partai-partai tersebut telah mendukung sistem nomor urut.

“Partai-partai yang mengusulkan suara terbanyak, seharusnya konsisten karena dulu ketika pembahasan Undang-undang Pemilu mereka justeru mendukung nomor urut,” ujar Tifatul Sembiring yang dihubungi myRMnews, Senin pagi (25/8).

Namun Tifatul enggan menyebutkan partai mana yang dimaksud. Dirinya mengatakan ketika PKS mengusulkan suara terbanyak, tetapi mereka menolak.

“Kalau memang konsisten dalam daftar calegnya, harusnya mereka menggunakan berdasarkan abjad, atau mengurutkan nomor dengan cara diundi,” ujar Tifatul.

Lebih lanjut Tifatul mengatakan dirinya kuatir dengan kesepakatan yang ada di internal partai jika ada konflik antar caleg dan akan berlanjut ke KPU atau pengadilan yang akan mengarah keapda konflik internal partai.

“Karena undang-undang mempunyai kedudukan yang lebuh tinggi dibanding kesepakatan internal partai. Karena pada umunya AD/ART partai juga belum dilengkapi dengan pasal resolusi konflik yang memadai,” paparnya.

Lebih lanjut Tifatul megingatkan saat ini rakyat sudah tidak bisa dibohongi dan akan memilih partai yang dianggap sesuai dengan aturannya.

Sejauh ini, partai peserta pemilu yang memastikan menggunakan sistem suara terbanyak adalah PAN, Golkar, dan Demokrat. [hta]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: