DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

FPKS: Cari Siapa yang Perintah Muchdi!

Posted by pksbeji pada Agustus 22, 2008

INILAH.COM, Jakarta – 22/08/2008 18:02 – Mega Simarmata – Mantan Deputi V BIN Muchdi Pr telah berstatus terdakwa kasus pembunuhan aktivis HAM Munir. Diduga ada satu deputi BIN lagi yang terlibat. Sehingga yang harus dicari nantinya adalah siapa yang memerintahkan mereka membunuh Munir.

“Muchdi itu deputi sewaktu melakukan pembunuhan pada Munir, dan ada satu deputi lain yang juga diduga terlibat. Sekarang pertanyaannya, jika ada dua deputi terlibat, maka yang harus dicari adalah siapa yang memerintahkan mereka,” cetus anggota Komisi III DPR asal FPKS Soeripto kepada INILAH.COM di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (22/8).

Dengan demikian, lanjut dia, diharapkan tabir gelap kasus pembunuhan Munir bisa terbongkar secara tuntas.

“Dalam BAP disebut-sebut keterlibatan deputi lain yang ada dalam struktur organisasi BIN untuk ikut terlibat dalam pembunuhan Munir. Sehingga agak kecil kemungkinan kalau disebut Muchdi bertindak sendirian,” kata Soeripto.

Salah satu yang perlu dilakukan adalah, menurut dia, dengan cara memanggil nama-nama pejabat atau mantan pejabat BIN yang memang tercantum dalam berita acara pemeriksaan (BAP).

“Jika memang dalam dakwaan jaksa diarahkan ini merupakan kejahatan individu, tetapi kalau kemudian ada yang memprediksi bahwa ini kejahatan institusi yaitu BIN, maka sebaiknya majelis hakim memanggil nama-nama pejabat atau mantan pejabat yang tercantum namanya di BAP. Panggil saja mereka sebagai saksi di persidangan,” ujar Soeripto.

Ia juga mengingatkan pentingnya ditingkatkan pengamanan terhadap majelis hakim dan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menangani kasus Muchdi.

“Kalau menurut saya, mereka perlu untuk diperketat penjagaannya ya. Kita tidak mau berprasangka buruk, tetapi tidak ada salahnya kalau segala sesuatu diantisipasi,” pungkas Soeripto.[L3]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: