DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

PKS Bahas Seks di Hannover

Posted by pksbeji pada Agustus 20, 2008

INILAH.com – 20/08/2008 00:01 – Rizky Mira Harini – Seks bukan hal tabu untuk dipelajari. Seminar yang diadakan Pusat Informasi dan Pelayanan PKS (PIPPKS) Jerman dalam rangka memperingati HUT ke-63 RI dan menyambut Ramadhan 1429 H, Sabtu (16/8), pun membahas tuntas masalah kesehatan seksual, terutama yang sering diderita kaum pria.

Dr Ponco Birowo, lulusan FKUI yang tengah mendalami bidang urologi di Jerman, mengupas habis penyebab disfungsi seksual dan cara penyembuhannya.

Seminar ilmiah ini diadakan PIPPKS Jerman dengan harapan memberikan bekal pengetahuan kepada masyarakat, terutama kader PKS di Jerman

Para peserta yang hadir tampak malu-malu sejak slide presentasi pertama disajikan.

Tapi, tak mengurangi keberanian bertanya. Terbukti dari banyaknya pertanyaan peserta dari Kota Hannover dan sekitarnya.

Dr Ponco, dokter ahli bedah dari RSCM, menekankan bahwa gaya hidup sehat sangat mempengaruhi masalah seksual. Kelainan atau penyakit seksual adalah penyakit biasa seperti penyakit lain yang bisa disembuhkan jika berobat dengan benar.

Pada sesi berikutnya, dr Nenden Rosdiana, istri Dr Ponco, membawakan tema shoum Ramadhan dari segi medis. Tema ini dipilih sebagai bekal pengetahuan seorang muslim untuk menjelaskan kepada warga setempat tentang puasa.

Fakta-fakta ilmiah yang diutarakan dokter jebolan FKUI ini membuktikan bahwa puasa tidak berbahaya untuk kesehatan, bahkan justru banyak manfaatnya, terutama untuk mengistirahatkan sistem pencernaan manusia. Kenyataan timbulnya keluhan di bulan puasa justru disebabkan oleh kualitas tidur yang buruk, bukan karena puasa.

Impuls yang diberikan kepada PKS selaku pembawa aspirasi rakyat oleh dokter yang juga penulis kolom ini adalah fakta ilmiah dari peneliti Barat yang menyatakan bahwa puasa mengurangi kinerja seseorang.

Penelitian itu memang tidak dilakukan di Indonesia. Tapi, jika itu benar adanya, hendaknya ada kebijakan dari pemerintah yang memberlakukan pengurangan jam kerja selama bulan suci Ramadhan.  smilerini@yahoo.de

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: