DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

Doyan Dugem, Pemimpin Muda Out

Posted by pksbeji pada Agustus 10, 2008

INILAH.COM, Samarinda – 09/08/2008 19:03 -Wacana pemimpin muda tingkat nasional maupun daerah dinilai bukan hanya karena faktor usianya muda saja. Tapi juga harus dilihat kemampuannya. Kalau masih doyan dugem, lebih baik minggir saja.

“Pemuda harus berani maju menjadi pemimpin. Namun bukan kaum muda yang suka foya-foya dan suka dugem,” kata Menpora Adhyaksa Dault.

Hal ini disampaikan dia dalam seminar peran strategis pemuda sebagai agen perubahan mewujudkan tatanan Indonesia baru berwajah kemanusiaan di Samarinda, Kaltim, Sabtu (9/10).

Jika pemuda suka foya-foya dan dugem, menurutnya, maka lebih baik pemimpin yang tua namun bersahaja. Meski demikian akan lebih baik lagi jika kaum muda yang bersahaja. Kaum muda harus memiliki wawasan, punya visi dan misi, bisa mengartikulasikan keinginan masyarakat, serta mempunyai rekam jejak yang bagus.

“Saat ini memang sangat besar dorongan agar kaum muda menjadi pemimpin. Namun jangan hanya melihat popularitas saja, tapi juga harus mampu menyelesaikan masalah,” kata Adhyaksa.

Saat Orde Baru, sambung dia, sirkulasi kepemimpinan nasional mandek dengan alasan untuk menjaga stabilitas. Kaum muda sulit maju menjadi pemimpin karena jika menyingkirkan yang tua, dikhawatirkan akan mengganggu stabilitas.

“Akibatnya ada seorang menteri yang menjabat empat hingga lima kali. Namun sejak reformasi terjadi, dorongan agar kaum muda mengambil peran yang lebih besar meningkat,” pungkas Adhyaksa.[*/L3]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: