DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

PKS: Figur Lebih Penting dari Mesin Politik

Posted by pksbeji pada Juli 25, 2008

INILAH.COM, Jakarta – 25/07/2008 05:48 – Kemenangan sejumlah calon kepala daerah yang tidak diusung parpol besar dalam pilkada menunjukkan figur lebih penting daripada mesin politik. Hal ini juga akan berlaku pada Pilpres 2009.

“Hal itu diindikasikan dengan banyaknya fenomena kemenangan calon-calon kepala daerah dalam pilkada, yang tidak memandang parpol pendukungnya adalah parpol besar atau kecil,” kata Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf di Jakarta, Kamis (24/7).

Muzammil mengatakan, fenomena di pilkada diperkirakan bakal terjadi pada pilpres yakni yang akan sangat berperan adalah kekuatan daya tarik sang calon, dan bukan mesin partai.

“Di sinilah peluang kemunculan calon-calon alternatif muda usia, meskipun nanti ia diusung oleh gabungan partai menengah dan kecil,” kata Muzzammil.

Ia mengatakan perdebatan tentang capres dari kalangan tua atau muda, tokoh lama atau baru, diikuti pula dengan fenomena besarnya angka golput (warga yang tak menggunakan hak pilih) pada pilkada yang rata-rata mencapai angka 40 persen.

Berdasarkan data yang dihimpunnya, Muzammil menyebutkan, pada pemilihan gubernur Jateng, golput mencapai angka 44 persen dan di Jatim sekitar 39,2 persen. Hal itu, kata anggota Komisi I DPR RI itu, mengisyaratkan bahwa masyarakat di Indonesia sedang kelangkaan figur pemimpin lokal.

“Agaknya di tingkat nasional juga, khususnya untuk figur capres/cawapres,” cetusnya.

Pemimpin yang langka tersebut, lanjut dia, merupakan negarawan yang mampu menghadapi tantangan berat bagi bangsa Indonesia saat ini, yang berputar-putar dengan persoalan mendasar mewujudkan kehidupan bernegara yang sehat.

Namun, menurut dia, perdebatan kepemimpinan nasional 2009 akan lebih produktif kalau pakar dan kampus turut menggiring diskusi tersebut secara objektif ke arah kemunculan figur-figur yang mumpuni, sehingga publik mendapatkan alternatif pemimpin yang berkualitas. “Waktunya bisa dimulai dari sekarang,” tegasnya.[L6]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: