DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

Hidayat Minta Presiden Keluarkan Perpu Peserta Pemilu

Posted by pksbeji pada Juli 14, 2008

TEMPO Interaktif, Minggu, 13 Jul 2008 | 16:50 WIB – MADIUN: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid, meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan jaminan kepastian hukum dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) terkait dengan dianulirnya salah satu ayat tentang Pemilihan Umum (Pemilu) oleh Mahkamah Konsitusi (MK).

Menurutnya, Perpu diperlukan untuk menegaskan bahwa partai politik (parpol) yang dinyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta pemilu adalah sah. ‘’Sehingga tidak bisa digugat atau menimbulkan kontroversi dikemudian harinya,’’ katanya di Madiun, Minggu (13/7).

Hidayat berpendapat Perpu sangat penting dikeluarkan walaupun KPU dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berpendapat bahwa fatwa MK tidak berlaku surut.

Hidayat mengatakan terbuka kemungkinan sembilan parpol yang tersangkut dengan fatwa MK itu memperoleh suara terbesar dalam Pemilu mendatang. ‘’Agar mereka tidak kena gugat suatu saat nanti, lebih baik jika mereka dikuatkan dalam Perpu,’’ ujarnya.

Menanggapi keluarnya fatwa sesaat setelah parpol peserta Pemilu ditetapkan KPU, kata Hidayat ini akibat minimnya koordinasi antar lembaga negara. Padahal, koordinasi diperlukan karena akan menjamin kepastian hukum di Indonesia. DINI MAWUNTYAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: