DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

Mesir Tangkap 38 Anggota IM

Posted by pksbeji pada Juli 11, 2008

INILAH.COM – Kairo – Mesir – 11/07/2008 02:41 – menahan sedikitnya 38 anggota Ikhwanul Muslimin (IM) menjelang pemilihan umum pada Minggu (13/9) untuk empat kursi parlemen, yang ikut diperebutkan kelompok itu.

Sumber di keamanan Mesir, Kamis (10/7) mengungkapkan, mereka ditahan dalam dua hari terahir di Kafr Sheikh di delta Nil dan di kota pelabuhan Iskandariyah, Mesir utara.

Jurubicara IM menyebut jumlah yang ditahan 44 orang dan menyatakan semua terjadi pada Rabu. Penahanan itu terjadi saat Mesir bersiap mengadakan pemilihan umum pada Minggu di Iskandariyah dan Kafr Sheikh untuk empat kursi parlemen, yang kosong sejak 2005.

Sumber keamanan menyatakan yang ditahan itu sudah ikut berkampanye untuk calon yang diajukan IM. Beberapa dituduh menjadi anggota kelompok terlarang, sedangkan yang lain dituduh merencanakan pawai umum tanpa izin.

Ikhwanul Muslimini menjadi kelompok oposisi terbesat merebut seperlima dari kursi di parlemen pada pemilihan umum 2005, yang diwarnai kekerasan.

Kelompok yang dinyatakan terlarang oleh pemerintah itu bercita-cita mengubah Mesir menjadi negara Islam lewat pemilihan umum.

Sejak pemungutan suara 2005 itu, pemerintah Mesir menghukum anggota penting IM lewat pengadilan tentara dan menangkap ribuan anggota serta pendukungnya. Pemerintah Mesir juga mencegah agar kelompok Islam mendapatkan lebih banyak posisi penting.

Sebelumnya polisi Mesir pada tengah April menangkap 34 orang dalam tawuran di luar mahkamah tentara, yang akan memberi putusan atas perkara anggota kelompok terlarang Persaudaraan Muslim.

Pejabat keamanan menyatakan polisi di luar pengadilan di Haikstep, timur laut Kairo, itu bentrok dengan keluarga 40 tersangka di pengadilan itu saat mereka memaksa masuk gedung tersebut.[*/L6]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: