DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

PKS Siapkan Pemimpin ‘Balita’ di 2009

Posted by pksbeji pada Juni 27, 2008

Cides usulkan lima capres dari internal Golkar.

Tifatul SembiringJAKARTA – Jumat, 27 Juni 2008 – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mencanangkan Pemimpin ‘Balita’ yaitu pemimpin di bawah lima puluh tahun. Maka, jika punya hak untuk mencalonkan presiden/wakil presiden, PKS akan mengusung capres yang berusia bawah umur 50 tahun.

”Kita membawa isu pemimpin muda di bawah 50 tahun. Ini karena Soekarno dan Soeharto juga memimpin di bawah 50 tahun. Ini harus digaungkan agar ada perubahan,” kata Presiden PKS, Tiffatul Sembiring, disela-sela Launching Nasional Calon Anggota DPR PKS 2009, di Jakarta, (26/6).

Kalaupun tidak mencalonkan capres/cawapres sendiri, lanjut dia, PKS juga siap sharring dengan partai politik (parpol) lain. ”Ayo kita lakukan. PKS siap mendukung. Tapi kalau PKS mendapat 20 persen, PKS akan mengajukan capres/cawapres sendiri,” papar Tiffatul.

Disinggung tentang apakah PKS bisa merelakan kalau kadernya dipinang parpol lain, Tiffatul menegaskan, pihaknya tidak akan menyetujuinya. Terkecuali kalau pencalonan tersebut memang disetujui bersama PKS. ”Kita akan memutuskan satu suara. Khawatir kayak yang terjadi di Partai Golkar sekarang,” tandasnya.

Sementara dalam pengajuan calon anggota legislatif (caleg) di 2009, PKS menyiapkan 314 orang yang akan maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) di 2009. Meski target PKS hanya 135 orang. Dalam pencalegan di Pemilu 2009, PKS mengakomodasi 36 persen keterwakilan perempuan. Dari segi komposisi umur, lanjut Tifatul, caleg yang diusung PKS sebagian besar berumur 35 hingga 45 tahun. Langkah ini ditempuh karena PKS mencanangkan memang sangat serius mewacanakan kepemimpinan muda di bawah lima puluh tahun.

Mengenai anggota DPR yang masih dipertahankan, Tiffatul mengatakan, hampir 75 persen anggota DPR 2004 masih dicalonkan lagi di 2009. Meski mereka tidak dinomor urut satu semua. Tak mau kalah dengan PKS, partai berbasis massa umat Katolik, yakni Partai Damai Sejahtera (PDS) juga bersiap mengikuti Pemilu 2009. Ketua Umum PDS, Ruyandi Hutasoit, mengatakan, partainya akan mengakomodasi caleg muslim. Apalagi, PDS merupakan partai nasional sehingga membuka ruang bagi umat lain. Termasuk dari Muslim, Budha, maupun Hindu.

”Dalam proses pencalegan PDS tidak akan membedakan persoalan umur. Siapapun yang mempunyai kapasitas layak untuk dicalonkan akan diberi kesempatan maju. Sebab, jika harus dibatasi umur itu bisa menjadi diskriminatif,” kata Ruyandi.

Capres Cides

Center for Information and Development Studies (Cides) menilai setidaknya lima nama di internal Partai Golkar layak menjadi bakal calon presiden untuk periode 2009-2014.

Dua di antaranya duduk sebagai eksekutif partai serta tiga lainnya merupakan Dewan Penasihat DPP Golkar. Mereka adalah Jusuf Kalla, HR Agung Laksono, Surya Paloh, Letjen TNI (Pur) Prabowo Subianto, dan Sri Sultan Hamengkubuwono X.

”Kelima nama itu bukan saja pantas dipersiapkan Golkar sebagai bakal calon presiden, namun kelimanya juga memiliki bobot ketokohan yang besar berikut pengakuan publik nasional, sehingga bisa dijual pada Pilpres 2009,” kata Direktur Eksekutif CIDES, Syahganda Nainggolan.

Syahganda menyatakan, selaku partai besar Golkar tidak boleh berdiam diri terlalu lama, guna memastikan siapa sebenarnya yang pantas dimunculkan sebagai capres/cawapres. Apalagi, mengingat pemilu legislatif maupun pemilu presiden kini semakin dekat. dwo/uba

Sumber: Republika

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: