DPRa PKS Beji

Bersih Peduli Professional

Hidayat: Pemimpin Harus Mengerti Umat

Posted by pksbeji pada Juni 25, 2008

25/06/2008 05:27

HNWINILAH.COM, Pangkalpinang – Ketua MP Hidayat Nurwahid menyatakan, syarat yang harus dimiliki pemimpinan baru adalah mampu membawa perubahan, mampu berkomunikasi dengan umatnya mengunakan bahasa-bahasa yang baik, bukan duduk di menara gading tidak tahu dengan permasalahan keumatan.

“Komunikasi yang hasanah senantiasa mencerahi jiwa umat untuk tetap berkarya secara ikhlas, sebagai mesin pendorong perubahan ke arah kehidupan yang lebih baik dan tegaknya tatanan sosial,” ujarnya di Pangkalpinang, Selasa (24/6).

Menurut dia, kalau pemimpin tidak turun ke bawah dan mendengar suara rakyatnya maka dia tidak tahu apa yang dirasakan masyarakat. Kebijakan-kebijakannya juga bersifat menghancurkan umat bukan membawa perubahan.

Menurut dia, kepemimpinan umat senantiasa menghadirkan perubahan sepanjang waktu, karena itu seorang pemimpin tidak boleh pesimis karena perannya sebagai mesin pendorong perubahan.

Ia menyatakan, jika pemimpin pesimis, rakyat yang dipimpinnya juga akan pesimis, karena perilaku pemimimpin sebagai gambaran umat atau rakyat yang dipimpinnya apakah akan membawa perubahan untuk kemaslahatan atau sebaliknya membawa kehancuran.

Dalam konteks ini, katanya, peran dakwah sangat menentukan untuk keberhasilan kepemimpinan, karena kepemimpinan itu yang mengelola kemaslahatan umat dan membuka pilihan-pilihan bagi umat agar tidak terjerumus.

Melalui dakwah yang mencerahkan umat sudah tahu mana yang benar dan salah sehinggam pada gilarannya tidak mudah terjebak fitnah. Jadi dakwah merupakan sarana untuk menyampaikan yang benar sekaligus mengoreksi fitnah.[*/L6]

Sumber : Inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: